SIDAK DIRJEN BADILAG DI PA WONOSOBO

Hari Senin tanggal 1 April 2019 Pengadilan Agama Wonosobo kedatangan Tim Badilag yang bermaksud untuk mengadakan Sidak (Inspeksi Mendadak) mengenai kinerja di Pengadilan Agama Wonosobo.

Sidak yang dipimpin langsung oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badilag Dr. H. Chandra Boy Seroza SH, MH., beranggotakan tiga orang datang ke Pengadilan Agama Wonosobo yaitu Arief Gunawansyah, SH., MH., Sutarno, S.IP., MM., dan Hendra tepat pada pukul 12.20 WIB.

Tim Badilag tersebut diterima langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Dr. H. Moh. Faishol Hasanuddin SH. MH. Para Hakim, Sekretaris dan juga Panitera Pengadilan Agama Wonosobo.

Saat datang ke Pengadilan Agama Wonosobo Tim langsung ke tempat pelayanan yang saat itu hanya ada beberapa orang karena sedang jam istirahat, namun demikian sepintas dapat terlihat aktifitas keseharian karena sarana pelayanan untuk para pihak pencari keadilan telah tersedia termasuk PTSP yang terintegrasi dengan Pos Bakum dan PT. Pos Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pembinaan oleh Direktur kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Wonosobo mulai dari Wakil Ketua, para Hakim dan pegawai lainnya termasuk Cakim yang sedang magang di Pengadilan Agama Wonosobo.

Dalam pembinaan tersebut Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Agama menyampaikan program-program kebijakan yang sedang dicanangkan oleh Dirjen Badan Peradilan Agama Mahakamah Agung RI.

Di antara kebijakan Dirjen tersebut adalah Pembangunan Zona Integritas yang saat ini sedang diajukan sebanyak 208 Satker untuk dilakukan penilaian Badan Pengawas Mahkamah Agung yang selanjutnya jika memenuhi syarat akan dilanjutkan ke Kemenpan RB  dan salah satu satker tersebut adalah Pengadilan Agama Wonosobo termasuk di dalamnya.

Di samping Pembangunan Zona Integritas yang menjadi kebijakan Dirjen adalah APM  (Akreditasi Penjaminan Mutu) yang sebelumnya bernama SAPM, beliau menegaskan kalau SAPM titik beratnya adalah dokumen yang disertai dengan eviden-evidenya sedangkan untuk APM  adalah live dokumen.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah one day one minute yang akan dinilai langsung yang dipublikasikan setiap hari Jum’at, Sasaran Kerja Pegawai, managemen Keuangan, Managemen Pelayanan, PTSP, Website dan juga Inovasi;

Menjawab pertanyaan mengenai system mutasi yang diberlakukan di Badilag Direktur mengatakan di samping mempertimbangkan jauh dekatnya tempat tinggal namun juga mempertimbangkan kebutuhan lembaga Mahkamah Agung sehingga terjadi pemerataan tenaga teknis khususnya Hakim.

Tepat pukul 14.20 WIB acara pembinaan selesai dengan harapan agar Pengadilan Agama Wonosobo mampu mengimplementasikan serta mewujudkan kebijakan Dirjen tersebut. Amin (ariev humas pawsb)