Sosalisasi Pencegahan Penularan Covid-19

Jum’at, 27 Maret 2020 Pengadilan Agama Wonosobo melaksanakan sosialisasi pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19. Bertempat di Ruang Tunggu Pelayanan Pengadilan Agama Wonosobo, kegiatan sosialisasi dihadiri oleh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Wonosobo serta masyarakat yang berperkara.

Dengan semakin bertambahnya kasus positif Covid-19 di Indonesia serta masuknya Wonosobo dalam zona merah penyebaran Covid-19, maka diperlukan adanya sosialiasi pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat untuk dapat mencegah penularan atau setidaknya memperlambat penularan. Sehingga Pengadilan Agama Wonosobo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo untuk menyelenggarakan sosialiasi tersebut.

Adapun materi yang disampaikan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo meliputi : sejarah Covid-19, sumber penularan, cara penularan, kondisi terkini penyebaran Covid-19, gejala yang ditimbulkan dan cara mencegah penularannya. Petugas juga menghimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita hoax, masyarakat perlu melakukan croseck jika mendapat berita tentang Covid-19. Untuk update informasi terkini masyarakat dapat mengakses laman resmi di website https://covid19.go.id/ untuk informasi tingkat nasional, https://corona.jatengprov.go.id/ untuk tingkat provinsi dan https://corona.wonosobokab.go.id/ untuk tingkat kabupaten.

Tak hanya pemaparan materi, petugas juga memberikan contoh langsung praktek etika batuk dan bersin yang benar agar virus dari orang yang batuk atau bersin tidak menular kepada orang lain. Kemudian praktek cara mencuci tangan dengan 6 langkah cuci tangan. Cara pembuatan Disinfektan secara mandiri yang dapat dibuat di rumah untuk disemprotkan ke benda-benda yg sering disentuh. Tak lupa petugas juga mengajarkan penggunaan masker yang benar.

Selanjutnya dibuka sesi tanya jawab yang mendapat antusiasme tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta, baik dari internal Pengadilan Agama Wonosobo maupun dari masyarakat yang hadir. Harapannya semoga kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang cukup tentang Covid-19 dan cara mencegah penularannya kepada peserta yang hadir, sehingga mereka juga dapat menyampaikan kepada orang lain dan mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari.